Program Pendidikan Kependudukan

| 20 November 2013
  Hai Blogger Indonesia, saya perkenalkan nama saya Andre Anjuan Satria akan mencoba memberikan Artikel dan mengulas "Dampak Ledakan Penduduk" di Indonesia.



Tabel jumlah penduduk di indonesia (1983-1993)


  Sebagaimana yang kita ketahui bersama Indonesia merupakan Negara dengan peringkat ke 4 dalam besarnya Jumlah Penduduk setelah China,India,dan Amerika.
Menurut Statistik BPS, jumlah penduduk di Indonesia kurang lebih 225 juta jiwa, dengan angka pertumbuhan bayi 1,39% perTahun.
Dengan jumlah penduduk 225 juta jiwa maka pertambahan penduduknya 3,5juta jiwa pertahun.
Jumlah yang sangat besar untuk pertambahan penduduk pertahunnya yang bahkan 3,5juta jiwa itu hampir menyamai jumlah penduduk di Negara Singapura.

  Lonjakan atau Pertambahn penduduk yang sangat tinggi ini akan berdampak sangat luas, termasuk juga mempengaruhi ekologi dan lingkungan hidup.
Hal itu dapat menganggu keseimbangan alam dan juga merusak ekosistem yang ada. 
Sebelum mengetahui dampak ledakan penduduk ada baiknya kita mengetahui penyebab-penyebabnya terlebih dulu.
Penyebab Ledakan penduduk yang umum diIndonesia salah satunya adalah "Kepercayaan bahwa memiliki banyak anak akan mendatangkan rezeki (?)"
Berikut Faktor terjadinya Ledakan Jumlah Penduduk :
  1. Jumlah Penduduk yang besar
  2. Pertumbuhan Penduduk yang cepat
  3. Penyebaran Penduduk yang tidak merata
  4. Banyak Pernikahan dini di usia muda
  5. Program KB tidak terlaksana dengan baik
  6. Menurunnya angka kematian namun meningkatnya angka kelahiran 

  Penyebab Ledakan Penduduk di Indonesia dari tahun ke tahun semakin didominasi oleh para remaja dengan rasa ingin tau yang tinggi dan bahkan kadang diluar kendali sehingga menimbulkan rasa ingin melakukan hal yang seharusnya tidak dilakukannya yang membuat remaja kita banyak terjerumus pada "Sex Bebas" dan juga "Pernikahan Dini" yang membuat tingkat kelahiran di Indonesia menjadi sangat tinggi.
Beberapa Dampak Ledakan Penduduk di Indionesia adalah:
  • Dampak pada Lingkungan Hidup dan Hayati 
        Jumlah penduduk yang tinggi akan memberikan tekanan yang besar pada lingkungan sekitar kita contohnya saja pada tahun 2001 laporan BANK Dunia menyatakan bahwa Luas Hutan di Indonesia telah mengalami penurunan yang sangat signifikan mulai dari 4,25 juta hektar pada tahun 1982 menjadi 3,24 juta pada tahun 1987 dan hanya sekitar 2,06 juta hektar pada tahun 1995 apabila penurunan ini terus terjadi maka kemungkinan 48 tahun kedepan wilayah indonesia akan Gundul dan sebagian besar menjadi Gurun Pasir. Lautan di Indonesia juga mengalami kerusakan terumbu karang dan tingkat polusi air yang tinggi.
Menurut Analisis Bank Dunia juga diperkirakan bahwa 48%  terumbu karang dalam keadaan rusak parah dan hanya sekitar 5% yang masih dalam keadaan alami, di Sulawesi 50% Hutan bakau juga telah dinyatakan menghilang  .
        Bahkan menurut Ir.Boby Irawan MA Kepala Study Pusat UGM bahwa sekitar 112 jenis mamalia di Indonesia terancam "Punah" dan untuk burung sekitar 104 jenis yang mengalami hal serius dan harus segera diselamatkan.

  • Polusi udara,Air, dan Tanah
        Polusi di Indonesia juga sangat tinggi terutama karena pencemaran asap kendaraan bermotor yang jumlahnya juga semakin banyak seiring pertambahan penduduk di Indonesia dan juga asap pabrik pabrik yang dibangun untuk kepentingan Penduduk di Indonesia sendiri.
Pertambahan jumlah pabrik dan Keluarga juga membuat Limbah-limbah Pabrik dan rumah tangga banyak mencemari air dan tanah sebagai wadah pembuangan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

  • Dampak terhadap Kesehatan dan Sosial
       Dampak sosial yang terjadi akibat Ledakan Penduduk salah satunya adalah "Kemiskinan",karena banyaknya penduduk dipastikan lapangan pekerjaan menjadi sangat terbatas dan banyak penduduk yang menganggur dan akan meningkatkan jumlah penduduk miskin di Indonesia.
Kesehatan di Indonesia juga akan menurun seiring kurangnya pelayanan kesehatan serta pemenuhan kebutuhan gizi dan makanan sehat yang tidak memadai.
Hal tersebut membuat penyakit mudah menjangkiti mereka masyarakat yang kurang mampu di Indonesia.
Ujung dari semua dampak ledakan penduduk adalah kerusakan lingkungan dan segala dampak yang mengikutinya seperti menurunnya kualitas pemukiman,lahan dan hilangnya fungsi lahan terbuka.

   Ledakan penduduk adalah masalah yang harus segera ditangani dengan serius oleh pihak-pihak yang terkait karena apabila permasalahan ini terus berlanjut akan mengakibatkan dampak-dampak yang telah dijelaskan.
Beberapa solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan ledakan penduduk yaitu:

    1.     Melakukan program transmigrasi
 Program transmigrasi adalah program nasional untuk memindahkan kelompok penduduk dari suatu tempat ke tempat yang lain. Saya rasa program transmigrasi ini sudah banyak menolong penduduk Indonesia. 

    2.      Melakukan program keluarga berencana
 Dengan adanya program KB dapat mencegah kelahiran terlalu banyak anak. Saya berpendapat bahwa program KB sudah berhasil. Sekarang di Indonesia jumlah anak yang lahir setiap tahun sudah menurun.

    3.      Mengoptimalkan lahan dengan menggunakan teknologi.
 Hal ini disebabkan padatnya penduduk mengakibatkan banyaknya lahan yang dipergunakan untuk pemukiman, sehingga lahan yang tadinya merupakan tempat penduduk menanam tanaman pangan beralih fungsi sebagai lahan pemukiman. Peralihan fungsi ini membuat penurunan terhadap produksi pangan penduduk sehingga penduduk mengalami kekurangan pangan. Oleh karena itu diperlukan penggunaan teknologi agar dapat meningkatkan produksi pangan walaupun denganlahan sempit.

    4.      Pemerataan pembangunan
 Hal ini dapat di lihat dikota-kota yang merupakan titik sentral pembangunan dan kegiatan ekonomi. Seharusnya pembangunan tidak hanya terpusat dikota-kota tetapi juga dilakukan dikabupaten. Jika pembangunan dilakukan secara merata dikabupaten maka sangat kecil kemungkinan penduduk yang tinggal dikabupaten pindah ke kota.


         
      Sebagaimana telah dijelaskan dalam Artikel saya diatas tentang dampak dari ledakan penduduk sebaiknya kita Penduduk Indonesia harus menyadari pentingnya memperhatikan  Ledakan Penduduk dan mengupayakan melakukan Tindakan atau Solusi agar mencegah Dampak Dampak Buruk dari Ledakan Jumlah Penduduk yang tidak terkendali.







  Sumber Referensi:

World Bank analyzer tahun 2001,Wikipedia Indonesia,Ir. Boby Setiawan MA Kepala Study pusat UGM,Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia tahun 2009.

0 komentar:

Next Prev
WellCome. Diberdayakan oleh Blogger.
▲Top▲